Konsep Manajemen Lalu Lintas Jokowi: Move People Not Car

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Calon gubernur DKI Jakarta Joko Widodo alias Jokowi, punya konsep ‘Move People Not Car’ dalam mengelola manajemen lalu lintas.

Seusai menerima penghargaan Wahana Tata Nugraha Kencana di Kementerian Perhubungan, Jokowi menjelaskan konsep manajemen lalu lintas lainnya.

Pria yang masih menjabat sebagai Wali Kota Solo mengatakan, grand design sebuah kota harus jelas, termasuk desain transportasi

kota tersebut.

“Di Solo punya konsep ‘Move People Not Car’. Jadi, yang digerakkan masyarakatnya, bukan kendaraannya,” ujar Jokowi, Selasa (29/5/2012).

Untuk menjalankan konsep tersebut, jelas Jokowi, pemda memperkuat city walk, jalur pedestrian, serta jalur lambat untuk becak dan sepeda.

Kemudian, untuk manajemen lalu lintas, di seluruh perempatan Kota Solo terdapat CCTV yang mengontrol seluruh titik perempatan.

“Kemudian ada bus priority. Maksudnya, bus yang melewati perempatan diberi prioritas. Ini saya kira konsep manajemen yang terintegrasi,” terangnya.

Saat ditanya tanggapannya mengenai transportasi di Jakarta, Jokowi mengatakan transportasi massal merupakan hal penting di Jakarta.

Menurutnya, walaupun ada transportasi massal seperti subway, monorel, feeder, ataupun trem, hal tersebut tidak akan bisa mengurangi secara total jumlah kemacetan di Jakarta.

“Karena harus dibarengi manajemen lalu-lintas. Bagaimana pengelolaan lalu-lintas dalam kota. Masalah tata ruang kota juga jadi masalah kemacetan. Kalau jarak dari rumah ke kantor jauh, mobilitas orang semakin banyak. Harus di re-design,” paparnya.(*)

sumber: tribunnews

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s