Survei Membuktikan, PNS DKI Ingin Jokowi Jadi Gubernur

JAKARTA– Survei Indobarometer tentang kriteria dan pilihan cagub-cawagub di mata publik Jakarta memberikan sedikit kejutan.

Ternyata, Pegawai Negeri Sipil (PNS) non-guru tidak tertarik memilih calon incumben, Fauzi Bowo (Foke)-Nachrowi Ramli (Nara) sebagai pemimpin DKI Jakarta mendatang.

“Fauzi-Nachrowi unggul di seluruh kategori pekerjaan, kecuali PNS non-guru yang lebih memilih Joko Widodo-Basuki,” kata peneliti yang juga pengamat politik Indobarometer, M Qodari, saat jumpa pers di Jakarta, Rabu (23/5/2012).

PNS non-guru yang memilih Foke-Nara hanya 16,7 persen, sedangkan yang ingin memilih Jokowi-Ahok sebanyak 33,3 persen, dan 50 persen lainnya memilih diam.

Kata Qodari, ada kecenderungan PNS tidak senang dengan kepemimpinan Foke selama menjabat sebagai gubernur empat tahun terakhir.

“Kalau hubungan antara PNS dengan incumbent tidak baik, (PNS) akan cenderung memilih calon alternatif,” ujarnya.

Menurutnya, indikasi PNS memilih calon lain sangat mungkin terjadi di DKI. Karena ada sekira 50 persen yang belum memutuskan akan memilih pasangan cagub dan cawagub. “Kalau happy kan pasti langsung memutuskan,” ungkapnya.

Qodari mengaku tidak kaget dengan hasil ini, karena kasus yang sama juga kerap terjadi dalam surveinya di daerah lain. Qodari mengaku tidak bisa menjelaskan lebih rinci, kenapa PNS lebih memilih Jokowi dibanding Foke. Qodari mengatakan, alasan kenapa tidak memilih Foke tidak ada dalam rumusan surveinya.

“Bisa saja pertanyaan itu di desain tapi kali ini, kenapa tidak memilih itu tidak ada,” cetusnya.

(ugo)

Sumber: Okezone

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s